Jumat, 17 Agustus 2012

Mengapa Alloh Menciptakan Malaikat?

Sahabat manjadayajid, jika pada postingan sebelumnya saya membahas tentang sepuluh malaikat dan tugasnya, hari ini saya akan mengulas sedikit opini tentang mengapa Alloh SWT menciptakan malaikat?

Rasa penasaran manusia terkadang dapat menyesatkan dan terkadang pula dapat menambah pengetahuan. ada pula manusia yang menganggap logika adalah segalanya dan ada juga manusia yang sangat meyakini mistis. sebenarnya dalam ajaran agama islam, tidak di benarkan bagi orang yang hanya mengandalkan logika tanpa di dasari dengan keimanan kepada hal yang ghaib. namun tidak juga di benarkan keseluruhan manusia yang hanya pula mengandalkan sesuatu yang di luar nalar manusia tanpa menggunakan akal dan pikirannya.

Pernahkah anda bertanya kepada diri anda sendiri pertanyaan-pertanyaan yang menyudutkan keimanan anda? contohnya siapa Alloh? dimana Dia tinggal? mengapa Dia tidak menampakkan diri? apakah Alloh makan? siapa yang menghidupkan Alloh? mengapa Alloh menciptakan malaikat? apakah Alloh kualahan menjalankan tugasnya? subhanalloh. itulah kelemahan daya pikir manusia, karena itu Alloh mewajibkan manusia untuk iman (yakin) terhadap sesuatu yang nampak mata ataupun tidak nampak. sungguh itu pikiran sesat. mari kita bersama-sama bertafakur akan kekuasaan Alloh SWT.

  • Jika kita bertanya siapa Alloh? jawabannya pasti, Alloh tuhan semesta alam.
  • Dimana Alloh tinggal? pertanyaan ini memerlukan jawaban yang berbeda, jika di tanyakan untuk posisi maka tiada yang tahu, tapi Alloh memiliki singgasana yang di beri nama sidrotul muntaha.
  • Mengapa Alloh tidak menampakkan diri? menurut anda, jika Alloh menampakkan diri kepada makhluk ciptaan-Nya, apakah anda merasa yakin akan keberadaan-Nya? jika iya, lalu dimana nilai keimanan? iman bukan sekedar percaya karena melihat yang di sebut logika, namun iman merupakan keyakinan yang timbul dari dalam hati yang meyakini akan keberadaan Alloh dan mengabdikan diri pada-Nya.
  • kemudian pertanyaan-pertanyaan yang lain yang menjurus pada hal-hal semacam itu memerlukan jawaban berdasarkan keimanan bukan sekedar logika saja.
Nah...sahabat Manjadayajid, Alloh menciptakan malaikat bukan hanya sekedar pelengkap saja, atau bukan sebagai pembantu Alloh karena kualahan dalam tugas. mengapa? tanpa malaikatpun Alloh mampu melakukan semuanya, seperti di jelaskan pada surat yasin,82 Alloh berfirman yang artinya:"Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: "Jadilah!" maka terjadilah ia" ini gambaran betapa kuasanya Alloh.

sebenarnya Alloh menciptakan malaikat jika kita telaah lebih dalam sebenarnya Alloh mengajarkan kepada manusia untuk tidak egois, setelah berada pada tampuk kekuasaan lalu lupa diri. Alloh juga mengajarkan demokrasi kepada manusia dengan menciptakan para malaikat, dalam surat Al Baqarah,30 yang artinya "Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui" ) Alloh mengajarkan untuk berdiskusi/ musyawarah. disitu di sebutkan Alloh menanyakan kepada malaikat tentang penciptaan manusia yang nantinya akan menjadi pemimpin di bumi. hal ini sangat jarang di bahas pada sebuah forum, padahal maknanya sangat dalam dan berarti.

Jadi sekarang apa yang anda pikirkan mengenai penciptaan malaikat? sungguh begitu kuasanya Alloh SWT yang menciptakan langit, bumi dan seisinya tidak lain hanya untuk bertaqwa kepadanya.

Intinya, segala sesuatu yang di ciptakan oleh Alloh SWT adalah baik bagi manusia jika manusia itu mau berpikir dan berdzikir.

wallohu a'lam bishshowab.

Artikel Terkait

5 komentar:

  1. Allah itu bukan materi, sedangkan makhluk atau semua ciptaannya adalah materi. Materi hanya bisa mendengar suara materi dan hanya bisa melihat materi, padahal Allah akan menyampaikan pesan, perintah dan pemberitahuan kepada semua makhluk oleh karenanya dia menciptakan makhluk yg secara khusus bisa mendengar perkataan tuhannya langsung utnutk ditruskan kepada semua makhluknya, manusia salah satunya.

    BalasHapus
  2. Allah bukan bukan dari unsur materi sedangkan makhluk adalah materi. Makhluk diciptakan hanya bisa melihat dan mendengar materi. Padahal Allah akan memnyampaikan pesan, perintah dan pemberitahuan kepada semua ciptaannya, manusia salah satunya, maka Allah menciptakan makhluk yang dirancang bisa mendengar langsung perkataan Allah dialah malaikat. Kita tidak bisa membayangkan bentuk malaikat, jika akan bertemu sekelas nabi saja, ia harus merubah bentuknya seperti manusia, jauh lebih kecil dari aslinya. itulah logikanya mengapa Allah menciptakan malaikat. Wallahu a'lam bissawab.

    BalasHapus
  3. Maaf, tolong dikoreksi ya, harusnya Allah bukan Alloh

    BalasHapus