Kamis, 16 Agustus 2012

Sepuluh Malaikat dan Tugasnya

Assalamu alaikum wr.wb


Sahabat Manjadayajid, Alloh SWT menciptakan langit dan bumi se isinya bukan hanya dalam bentuk yang kasat mata, namun ada pula yang tidak kasat mata, namun ada pula yang tidak kasat mata (ghaib), hal ini juga di sebutkan bahwa Alloh juga menciptakan manusia dan jin hanya untuk bertaqwa kepada-Nya. selain itu Alloh juga menciptakan malaikat yang jumlahnya ribuan dan mengemban tugasnya masing-masing sesuai dengan ketentuan Alloh SWT. dari jumlah banyaknya malaikat Alloh tersebut, kita hanya wajib mengenal 10 diantaranya beserta tugas utama yang di emban. sepuluh malaikat beserta tugasnya tersebut sebagai berikut:

  1. Malaikat Jibril  : Adalah malaikat yang di tugaskan Alloh SWT sebagai malaikat penyampai wahyu dari Alloh untuk para Rosullulloh di bumi
  2. Malaikat Mika'il  : Bertugas sebagai malaikat yang membagikan rezeki dari Alloh untuk umat manusia. namun dengan sifat rohman yang di miliki Alloh SWT, rezeki yang di bagikan untuk umat manusia bukan hanya untuk umat islam, tapi untuk semua manusia di muka bumi ini dan makhluk Alloh yang lainnya seperti juga hewan dan tumbuhan.
  3. Malaikat Isrofil  : Malaikat yang satu ini cukup unik tugasnya yaitu meniup terompet sangkakala kelak ketika hari kiamat. berdasarkan beberapa keterangan, jika terompet ini di tiup oleh Isrofil maka luluh lantahlah langit bumi seisinya, dan tiada lagi makhluk ciptaan Alloh yang hidup.
  4. Malaikat Izro'il  : Malaikat ini bertugas sebagai pencabut nyawa. baik nyawa manusia maupun yang lainnya.
  5. Malaikat Munkar  : Malaikat ini merupakan salah satu dari dua malaikat yang akan menanyakan pertanyaan kepada manusia di alam kubur.
  6. Malaikat Nakir  : Malaikat ini juga di tugaskan oleh Alloh SWT untuk menginterogasi manusia di dalam kubur terkait dengan amal perbuatannya selama hidup di dunia. malaikat Nakir bersama-sama dengan malaikat Munkar. dan beberapa kitab membahas tentang pertanyaan yang di ajukan serta cara bertanya mereka. di sebutkan bahwa jika yang ada di dalam kubur adalah manusia yang amal perbuatannya baik maka malaikat-malaikat ini datang dengan keadaan yang baik dan rupawan, dengan nada suara yang lembut ketika bertanya, mengucapkan salam dan dengan penuh sopan dan santun. namun jika yang ada di dalam kubur adalah orang yang amal perbuatannya buruk, maka kedua malaikat ini datang dengan suara gemuruh yang menakutkan, tanpa mengucap salam, berwajah sangat mengerikan, tutur katanya kasar sambil membawa gada (pemukul) sebagai alat memukul manusia yang ada di dalam kubur jika tidak mampu menjawab pertanyaan yang di ajukan.
  7. Malaikat Roqib  : Malaikat Roqib merupakan salah satu malaikat yang terdekat dengan manusia, malaikat ini adalah bertugas sebagai pencatat amal baik manusia dari lahir hingga ajal. malaikat ini tidak sendiri, dia ditemani oleh malaikat Atid
  8. Malaikat Atid  : Jika malaikat Roqib bertugas sebagai pencatat amal baik, maka sebaliknya malaikat Atid bertugas sebagai pencatat amal buruk manusia.
  9. Malaikat Malik  : Malaikat ini bertugas sebagai penjaga pintu neraka.
  10. Malaikat Ridwan  : Malaikat Ridwan bertugas sebagai penjaga pintu syurga.
itulah sepuluh malaikat yang di tugaskan Alloh SWT untuk umat manusia. sepuluh malaikat ini wajib di yakini keberadaannya.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar