Senin, 06 Agustus 2012

Rukun Iman dan Rukun Islam

Islam adalah merupakan agama yang di turunkan Alloh SWT melalui Nabi Agung Mukhammad SAW kurang lebih 1500 tahun silam di timur tengah. islam merupakan satu-satunya agama yang benar dan di terima oleh Alloh SWT. Sebagaimana telah diketahui dengan sangat jelas bahwa dalam menjalankan segala kegiatan peribadatan umat beragama pasti di dalamnya terdapat peraturan dan cara-cara yang harus di lakukan untuk mencapai sebuah kesempurnaan.

Dalam agama islam ada dua hal yang harus di lakukan dan di tepati oleh umatnya untuk mencapai keislaman yang sejati yaitu rukun iman dan rukun islam. rukun menurut saya pribadi adalah hal melebihi dari pada wajib. mengapa demikian? dari segi pengertian, Rukun merupakan suatu yang harus di lakukan sebelum menjalankan kewajiban dan atau saat menjalankan kewajiban dan bilamana rukun tersebut tidak dilaksanakan maka sesuatu yang wajib tersebut menjadi tidak sah. sementara wajib adalah sesuatu yang jika di kerjakan maka mendapatkan pahala dan apabila di tinggalkan mendapatkan dosa. Berdasarkan dua hal tersebut maka yang pertama kali harus di lakukan seorang muslim adalah menjalankan rukun kemudian menunaikan kewajiban. lalu rukun iman dan rukun islam itu apa saja? 

Rukun Iman
Rukun iman maksudnya adalah mempercayai sepenuh hati dan tidak boleh diingkari dengan beberapa hal dalam islam. ada 6 hal yang tidak boleh diingkari sebagai berikut :
  1. Iman kepada Alloh : maksudnya percaya dengan adanya Alloh swt dan meyakini bahwa Alloh adalah tuhan semesta alam serta tiada sekutu bagi-Nya
  2. Iman kepada Malaikat : maksudnya adalah mempercayai adanya malaikat yang di tugaskan Alloh. dan malaikat yang wajib di ketahui adanya ada 10 yaitu : Jibril, Mika'il, Isrofil, Izro'il, Munkar, Nakir, Roqib, 'Atid, Malik dan Ridwan
  3. Iman kepada para Utusan : adalah mempercayai bahwa Alloh juga mengutus para Nabi dan Rosul untuk umat manusia. dan Nabi serta Rosul yang wajib di ketahui ada 25. Insya Alloh di bahas di kesempatan yang akan datang.
  4. Iman kepada Kitab Alloh : Mempercayai bahwa kitab Alloh adalah suatu kebenaran dari firman-firman dan perintah-Nya secara tertulis melalui perantara para Nabi kepada manusia.
  5. Iman kepada hari Kiamat : adalah percaya akan kedatangan hari dimana jagat raya dan seisinya akan di luluh lantahkan tanpa tersisa sdikitpun oleh Alloh SWT.
  6. Iman kepada Qodo' dan Qodar : adalah mempercayai tentang semua ketentuan yang telah di tentukan oleh Alloh swt.

Kemudian setelah mengetahui rukun iman serta menjalankannya. kemudian barulah menjalankan rukun berikutnya yaitu Rukun Islam. rukun islam di bagi dalam 5 bagian yang kesemuanya juga harus di lakukan. yaitu :
  1. Mengucap Syahadatain : maksudnya adalah mengucapkan dua kalimat syahadat yaitu "اَشْهَدُاَنْ لاَّاِلهَ اِلاَّالله وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًالرَّسُوْلُ الله
  2. Melaksanakan Sholat wajib 5 waktu yang telah di tentukan
  3. Mengeluarkan zakat, baik itu zakat fitrah maupun zakat mal
  4. Menjalankan puasa wajib di bulan ramadhan
  5. melaksanakan ibadah haji ke baitulloh apabila telah mampu
kelima hal di atas merupakan sesuatu yang harus di lakukan oleh seorang muslim agar keislaman menjadi sempurna.

wallohu a'lam bis showab

Artikel Terkait

3 komentar: